Evolusi Gaya Seragam GFRIEND: Dari Pakaian Gym Hingga Militer yang Elok

Semenjak debut di awal tahun 2015, GFRIEND membawa perubahan segar di dunia K-pop, tidak hanya dengan gaya ‘throwback sonic’-nya tetapi juga gaya visualnya. Di antara konsep girlgroup yang seksi yang sedang tren masa itu, keenam member GFRIEND hadir dengan tampilan yang terinspirasi dari seragam sekolah yang polos yang mengisyaratkan bahwa sebuah grup baru yang segar siap untuk mengambil alih. Meskipun tidak datang dari agensi Korea yang terkenal – Source Music tidak diketahui banyak orang sebelum GFRIEND mulai memecahkan hits – girlgroup ini telah membuat berbagai hits yang luar biasa, bertepatan dengan mini album terbaru mereka, The Awakening, mencetak rekor terbaik di tangga lagu Billboard.

Dengan single baru mereka “Fingertip” yang menunjukkan langkah baru di evolusi mereka, Billboard tidak hanya menginvestigasi tentang evolusi musikal GFRIEND tapi juga bagaimana gaya mereka menceritakan sebuah cerita tambahan.

15 Januari 2015: “Glass Bead”

gfriend1

Dengan single debutnya, GFRIEND diperkenalkan dengan seragam sekolah yang sepadan – norma asli Korea Selatan. Penampilannya sangat sederhana dengan baju dan rok monokrom yang sama, bersama beberapa adegan di mana grup ini memakai pakaian gym yang sangat sederhana. Skema warnanya sangat tepat dengan para gadis yang biasanya memakai T-shirt putih atau blus dengan rok biru atau kuning yang sederhana, atau celana gym warna merah. Nuansanya adalah muda dan lugu, seolah gadis-gadis ini benar-benar berkumpul di kelas olahraga – bisa dibilang kelas di mana anak-anak bisa menjadi anak-anak yang sesungguhnya. Untuk perkenalan mereka ke publik, GFRIEND menunjukkan nuansa remaja, yang bersatu.

23 Juli 2015: “Me Gustas Tu”

GFRIEND merilis “Me Gustas Tu” di tengah-tengah bulan Juli untuk menunjukkan gaya seragam musim panas. Tidak ada seragam sekolah semaxresdefaultlama liburan musim panas, tapi penampilan paling berpengaruh dari gadis-gadis ini sangat konsisten, memakai dress hijau mint dan pakaian pelaut yang sama untuk adegan koreografi. Ada saat di mana mereka mengenakan pakaian individual, tetapi mereka memakai pakaian yang kebanyakan warnanya sama dan tidak menceritakan terlalu banyak tentang kepribadian masing-masing. Meskipun beberapa member memakai romper dan beberapa mengenakan sun dress, dan warnanya sedikit bervariasi, tapi pada akhirnya masih ada nuansa seragam yang kolektif meskipun ini musim panas.

25 Januari 2016: “Rough”

g-friend_1452829260_af_org

Sekali lagi ini adalah waktu sekolah bagi GFRIEND dan mereka kembali dengan seragam sekolah tapi dengan beberapa perbedaan. Pakaian mereka kali ini jauh lebih rumit dengan adanya dasi yang bergaya, blus monogram, dan kaus kaki formal di seragam gadis-gadis ini – perbedaan mencolok dari kaos putih mereka di “Glass Bead”. Saat sebagian besar terlihat identik, videonya mulai dengan para gadis yang mengenakan seragam sekolah di mana kita bisa melihat adanya beberapa sentuhan unik, seperti Yerin yang menggunakan kardigan polkadot, sedangkan member termuda, Umji, dibalut dengan jaket abu-abu sederhana. “Rough” sebagian besar masih berkutat tentang segaram dengan lagunya yang tidak terlalu jauh menyimpang dari “Glass Bead” atau “Me Gustas Tu”, tapi kita mulai bisa melihat sentuhan yang lebih jelas dari gaya individu GFRIEND di sini.

11 Juli 2016: “Navillera”

00118033

Seperti jarum jam, GFRIEND kembali dengan single bulan Juli lainnya, “Navillera”, dengan gaya dan terobosannya. Akhirnya, setiap gadis diberi penampilan individu. Semua rok para member berbeda warna dan atasannya bervariasi dari yang panjangnya tiga perempat hingga ke T-shirt tradisional. Kita bahkan melihat GFRIEND bereksperimen dengan gaya rambut mereka dengan potongan bob dan kepang dengan sisi menyenangkan. Terdapat poin fashion yang fokus yang terikat bersama dengan pakaian mereka – sepatu yang sama, celana pendek jean biru, dan satu dress seragam baby-blue – tapi akhirnya setiap member bersinar sendiri-sendiri dengan energi masa muda yang sama dari visual mereka yang sudah-sudah. Secara tepat, “Navillera” juga merupakan single grup yang paling eksperimental yang diiringi dengan ledakan energi yang tinggi dari elektronika yang dimasukkan ke dalam ciri khas produksinya.

6 Maret 2017: “Fingertip”

98767_600

Untuk single mereka yang paling berani ini, GFRIEND memamerkan sejauh mana mereka bisa membawa konsep seragam mereka. Visual dari pakaian utama terdiri atas gaya band, terinspirasi dari militer dan rok kamuflase yang bergaya yang masih tetap dalam konsep seragam, tapi terlihat lebih dewaa – tentara bukan tempat untuk gadis kecil. Untuk pertama kalinya, setiap gadis memiliki alur cerita yang unik dalam video dengan semuanya memamerkan tema kosmik untuk bersama-sama mengaitkan ceritanya. Kita juga melihat GFRIEND lebih bereksperimen dengan tatanan rambut mereka dengan ekstensi dan warna honey-blonde. Seperti “Navillera”, comeback “Fingertip” adalah comeback yang intens dan lebih menghentak untuk ukuran girlgroup, menggabungkan funk era 80-an ke dalam kombinasi, tapi tetap mempertahankan suara nostalgianya.

Mirip dengan bagaimana Wonder Girls selalu menampilkan konsep “throwback” – yang mana mereka mencoba semuanya dari nuansa Motown ke gaya era 80-an – menggunakan konsep dasar seragam GFRIEND memiliki banyak potensi untuk berhasil menginspirasi dan memengaruhi karya grup di masa depan. Ketika keseragaman GFRIEND tidak diragukan lagi begitu kuat, bagaimana grup ini bermain dengan konsep ini untuk menunjukkan kepribadian para membernya dan membantu memberitahu penikmat musik, dan harus terus menjamin, melihat lebih dekat ke dalam evolusi berkelanjutan dari sebuah babak K-pop dengan cerita dan tujuan yang sedang berlangsung.

source: billboard

re-write & indo trans: a&b + dante

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s